Tirta Empul-sewa mobil bali-transport bali

Tirta Empul

Tirta Empul terletak di desa Tampak Siring,Kecamatan Tampak Siring,kabupaten Gianayr sekitar 39 km ke arah timur kota Denpasar.Lokasi tersebut merupakan lembah,dikelilingi daerah yang lebih tinggi dan di sebelah bartnya terletak Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Nama Tirta Empul termuat dalam sebuah prasati yang pada saat ini disimpan di Pura Sakenan,desa Manukaya,kecamatan Tmpaksiring sekitar 3 km dari Pura Tirta Empul.Dalam prasasti ini,Tirta Empul dinamakan Tirtha ri air hampul lama kelamaan menjadi Tirta Hampul dan akhirnya menjadi Tirta Empul.Tirta ri air Hampul maksudnya adalah patirtahan yang airnya mengepul atau kolam suci yang airnya mengepul.

Mata air tersebut kemudian pada tahun 960 m ( 882 Caka ) ditata menjadi atau sebagai kolam yang disucikan oleh raja Indrajayasinghawarmadewa dengan nama Tirtha ri air hampul.Data tersebut dimuat dalam prasasti di PUra Sakenan seperti tersebut di atas.Selain data efigrafi tersebut diatas,di Pura Tirta Empul ditemukan pula peninggalan arkeologi sebagai berikut :

Lingga Yoni,terletak di halaman II,diatas sebuah altar di balik tembok ( aling-aling ) dari gapura yang menghadap ke sebelah barat.

Arca Singa,yang telah aus atau rapuh di bagian mukanya sehingga sulit dikenali.Dalam mithologi Hindu,singa adalah kendaraan Dewi Durga.

Tepasana,adalah bangunan yang pada saat awalnya ( dahulunya ) hanya berupa teras,bentuk bangunan yang ada sekarang merupakan hasil pemugaran atau direnovasi pada tahun 1967 m.Tanda selesai dilakukan pemugaran dengan menggunakan tahun caka dalam bentuk rangkaian relief yang disebut Candrasangkala atau kronogram yang terdiri dari relief matahari nilainya 1,gajah nilainya 8,naga nilainya  8,candi bentar nilainya 9.Bila dirangkai nilainya menjadi 1889 caka atau 1967 M.

Kolam Tirta Empul,mata airnya mengepul sendiri dari tanah,lokasinya terletak di paling bawah pada kawasan dataran rendah yang dikelilingi oleh dataran yang jauh lebih tiggi yang berada di sekitarnya.Pada tahun 960 M,mata air yang mengepul dari dalam tanah ini dibangun atau diperluas oleh raja Indrajaya Singawarmadewa.

Kolam suci yang debit airnya cukup besar dengan ukuran sekitar 15 x 50 mtere ini kemudian dialirikan ke arah hilir melalui pancuran-pancuran yang airnya digunakan sebagai tirta dalam perubahan atau perbaikan,karena tulisan yang dipahatkan dalam beberapa pancuran sebagai petunjuk pemnafaatannya menggunakan tulisan huruf Bali baru.Pancuran-pancuran yang terdapat sekarang di kelompokkan menjadi 2 :

Kelompok 5 pancuran terletak paling timur oleh masyrakat sekitar sangat disucikan karena itu dikelilingi oleh tembok pembatas dan di tengah kolam terdapat tempat suci.Air yang dianggap suci ini digunakan sebagai tirta untuk upacara agama.

Kelompok 8 pancuran terletak di sebelah barat kelompok 5 pancuran.Kelompok pancuran yang berjumlah 8 ini siekat menjadi 2 bagian yang terdiri dari 5 pancuran diantaranya ada yang berfungsi sebagai pengeluban gering,yang artinya menghilangkan beragam penyakit dan 3 pancuran ( di sebelah barat ) di antaranya ada yang berfungsi sebagai torta yang berkaitan dengan sumpah.Kolam pada pancuran 8 tersebut juga dipakai sebagai penyucian diri secara ritual bagi laki-laki.

Kelompok 13 pancuran ,terletak paling barat menghadap ke selatan.Kolam dari 13 pancuran ini antara lain berfungsi untuk pengeleburan dasa mala yaitu melebur berbagai jenis dosa dan sebagai tirta pembersihan dan tirta pengentasan yaitu tirta untuk emnyucikan rohani bagi orang yang telah meninggal.Selain itu juga digunakan oleh perempuan untuk penyucian diri dengan ritual tertentu.

Kelompok 5 pancuran,mengahadap ke barat berfungsi untuk pancuran pengeleburan mahluk bawah air suci yang bersifat membersihkan serta menyucikan wanita ynag belum haid pada masanya.

Karena objek wisata ini sangat disucikan oleh masyrakat,bagi pengunjung yang sedang cuntaka tidak diperkenankan masuk ke areal suci.


SILAKAN ISI FORM UNTUK MENDISKUSIKAN RENCANA PERJALANAN ANDA DI BALI, terimakasih

...
Indonesian English Filipino Japanese Korean Malay

Yahoo Massenger


Gede


Ketut


Putu

DB34D27 / D672CB41

 

 

Rekening Bank

 

Twitter

Office - Customer Service

Jalan Marlboro, Gang Kertapura Segina 3C No 6,
Denpasar - Bali.

Phone
XL          : 087-860-341-562
SMPT       : 082-146-201-515
Pin BB      : D672CB41 / DB314D27
WhatsApp  : 087-860-341-562/082-146-201-515

Facebook   : gtwbbalitrans
Instagram  : gtwbbalitransport
ID Line     : gtwbsewamobilbali
Yahoo Massanger
gtwbbalitrans / antagede83 / ariardani711
Email
gede@transportwisatadibali.com

info@transportwisatadibali.com

PROMO HARI INI !


TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI

GTWB

(Gede Transport Wisata Bali )

YOUTUBE


FacebookMySpaceTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksRedditNewsvineTechnoratiLinkedinMixxRSS Feed